Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
“RPP Tematik”
Tugas
ini disusun untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah
“
TEMATIK “

Disusun Oleh :
Dodik
Wijiatmiko 210611055
Dosen
Pengampu :
Athok
Fuadi, M.Pd.
JURUSAN TARBIYAH
PRODI PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH
KELAS PG B / SEMESTER 5
SEKOLAH
TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI (STAIN)
PONOROGO
2014
Rencanan
Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) Tematik
Nama Sekolah : MI
Tema : Benda di Sekitar Kita
Kelas/Semester : I / 1
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
Standar Kompetensi :
1. IPA : 3. Mengenal berbagai sifat benda dan
kegunaanya melalui
pengamatan
perubahan bentuk benda
2. Matematika
: 1. Melakukan penjumlahan dan pengurangan
bilangan sampai 20
3. Bahasa Indonesia :
2. Mengungkapkan pikiran perasaan dan informasi secara lisan
dengan perkenalan
dan tegur sapa pengenalan benda dan fungsi
anggota tubuh
dan deklamasi
Kompetensi Dasar :
1. IPA
:
3.1.
Mengidentifikasi benda yang ada di
lingkungan sekitar berdasarkan cirinya melalui
pengamatan
3.3. Mengidentifikasi kegunaan benda yang dapat
diubah bentuknya
2. Matematika :
1.1
Membilang
banyak benda
1.2
Mengurutkan
banyak benda
3. Bahasa
Indonesia :
2.3
Mendeskripsikan benda-benda di sekitar
dan fungsi anggota tubuh dengan kalimat
Sederhana
Indikator :
1. IPA :
3.1.1. Menjelaskan ciri-ciri benda
3.1.2. Mengidentifikasi benda yang ada
dilingkungan sekitar berdasarkan cirinya melalui
pengamatan
3.3.1. Menjelaskan kegunaan benda
3.3.2. Mengidentifikasi kegunaan benda
di lingkungan sekitar
2. Matematika
:
1.1.1. Membilang
dan menyebutkan banyak benda
1.2.1. Membandingkan dua kumpulan benda menggunakan
istilah lebih banyak lebih
sedikit atau sama banyak
3. Bahasa
Indonesia :
2.3.1. Mengenal bentuk benda di
sekitar
2.3.2. Mendeskripsikan benda-benda di
sekitar
I.
Tujuan Pembelajaran** :
Ø Siswa
dapat menjelaskan ciri-ciri benda
Ø Siswa
dapat mengidentifikasi benda yang ada dilingkungan sekitar berdasarkan cirinya
melalui pengamatan
Ø Siswa
dapat menjelaskan kegunaan benda
Ø Siswa
dapat mengidentifikasi kegunaan benda di lingkungan sekitar
Ø Membilang
dan menyebutkan banyak benda
Ø Siswa
dapat membandingkan dua kumpulan benda menggunakan istilah lebih banyak lebih sedikit
atau sama banyak
Ø Siswa
dapat mengenal bentuk benda di sekitar
Ø Siswa
dapat mendeskripsikan benda-benda di sekitar
v
Karakter
siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Religius (Religious)
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Toleransi
( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
II.
Materi Ajar ( Materi Pokok ) :
·
Ciri-ciri benda
·
Benda dapat berubah bentuk
·
Kegunaan benda
·
Membilang dan mengurutkan banyak benda
·
Mendeskripsikan benda-benda di sekitar
III. Metoda Pembelajaran :
·
Ceramah
·
Tanya jawab
·
Reading Aloud
·
Poster Comment
·
Card Sort
·
penugasan
IV. Langkah-langkah pembelajaran :
1.
Kegiatan awal
Waktu
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Strategi/ Metode
|
Sumber/Bahan/ Alat
kebutuhan
|
10’
|
1. Guru memberi salam dan
menanyakan keadaan siswa
2. Guru membimbing siswa
berdo’a bersama
3. Guru mengabsen siswa
4. Guru menginformasikan
hal-hal yang akan dipelajari, kinerja peserta didik yangdiharapkan
5. Guru mengajukan
pertanyaan untuk menfokuskan perhtian peserta didik.
Misalnya, Apakah
kalian tahu benda apa saja yang ada di sekitar kita ?
|
Ceramah
Tanya jawab
|
Buku absen,
bolpoint
|
2.
Kegiatan Inti
Waktu
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Strategi/ Metode
|
Sumber/Bahan/
Alat kebutuhan
|
7’
15’
15’
5’
8’
|
1. Guru membagi hand out
materi
2. Guru membacakan materi
tentang cirri-ciri benda dan kegunaannya serta guru meminta siswa untuk
menirukannya
3. Guru menempelkan gambar dipapan
tulis tentang benda disekitar kita
4. Guru meminta siswa untuk
mengamati gambar tersebut
5. Siswa disuruh maju
kedepan dan mendeskripsikan benda tersebut
6. Guru membagi potongan
kertas yang berisi gambar banyak benda
7. Siswa disuruh mencari
gambar benda yang sama dan ditempel dipapan tulis urut sesuai jumlahnya
8. Siswa disuruh
mempresentasikan didepan kelas
9. Guru memberikan
klarifikasi dan penguatan
10. Guru memberikan
soal-soal latihan
|
Reading Aloud
Poster comment
Card Sort
Penugasan
|
Hand Out materi
Gambar Benda
Potongan Gambar benda
Lembar Soal
|
3.
Kegiatan akhir
Waktu
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Strategi/ Metode
|
Sumber/Bahan/
Alat kebutuhan
|
10’
|
1. Guru menyimpulkan inti
dari materi yang telah didiskusikan
2. Guru memberikan evaluasi
3. Guru menutup
pembelajaran dengan do’a penutup.
|
Ceramah
Penugasan
Ceramah
|
Lembar Kerja
|
V. Alat dan Sumber Belajar
Buku Sumber :
F LKS
Maestro Ilmu Pengetahuan Alam MI Kelas 1
F LKS
Maestro Matematika MI Kelas 1
F LKS
Maestro Bahasa Indonesia MI Kelas 1
Alat/ Bahan :
F Hand Out materi
F Gambar Benda
F Potongan Gambar Benda
F Lembar Soal
F Lembar Kerja
VI. Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
1. IPA :
·
Menjelaskan ciri-ciri benda
·
Mengidentifikasi benda yang ada di
lingkungan sekitar berdasarkan cirinya melalui pengamatan
·
Menjelaskan kegunaan benda
·
Mengidentifikasi kegunaan benda di
lingkungan sekitar
2. Matematika
·
Membilang dan menyebutkan banyak
benda
·
Membandingkan dua kumpulan benda
menggunakan istilah lebih banyak lebih sedikit atau sama banyak
3. Bahasa
Indonesia
·
Mengenal bentuk benda di sekitar
·
Mendeskripsikan benda-benda di
sekitar
|
Tes lisan Tes tertulis
|
Uraian
isian
|
1. IPA :
·
Sebutkan benda yang ada disekitar
kita.
·
Jelaskan ciri-ciri benda tersebut
yang disebutkan
·
Sebutkan kegunaan benda yang telah
disebutkan.
2. Matematika :
·
Sebutkan banyak benda yang ada di
sekitarmu.
·
Bandingkan jumlah siswa laki-laki
dan wanita di kelas ini lebih banyak mana
·
Berapa jumlah jari kaki dan jari
tangan
3. Bahasa Indonesia :
·
Sebutkan benda yang berbentuk bulat
·
Apa bentuk penggaris
·
Deskripsikan benda yang ada di atas
meja kamu.
|
VII.
Kriteria Penilaian
1.
Uraian
Benar semua x 2 Total skor 18
2.
Performance
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1
|
Partisipasi
|
* aktif
berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
|
4
2
1
|
3.
Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Uraian
|
Performance
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai
= Jumlah skor x 4
Mengetahui
Kepala Sekolah MI
…………………..…………
NIP. ………………………
|
|
……...., ………………… 20…
Guru Tematik Kelas I
Dodik Wijiatmiko
NIM. 210611055
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar