Selasa, 21 Januari 2014

RPP tematik dodo



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
RPP Tematik
Tugas ini disusun untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah
“ TEMATIK “



Disusun Oleh :
Dodik Wijiatmiko                               210611055


Dosen Pengampu :
Athok Fuadi, M.Pd.

JURUSAN TARBIYAH
PRODI PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH
KELAS PG B / SEMESTER 5

SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI (STAIN)
PONOROGO
2014

Rencanan Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)  Tematik

 

Nama Sekolah     :  MI
Tema                    :  Benda di Sekitar Kita
Kelas/Semester    :  I / 1
Alokasi Waktu     : 2 x 35 menit

Standar Kompetensi :

1.      IPA                             :  3. Mengenal berbagai sifat benda dan kegunaanya melalui
       pengamatan perubahan bentuk benda
2.      Matematika                 :  1. Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20
3.      Bahasa Indonesia        :  2. Mengungkapkan pikiran perasaan dan informasi secara lisan  
                                           dengan perkenalan dan tegur sapa pengenalan benda dan fungsi  
       anggota tubuh dan deklamasi

Kompetensi Dasar  :
           
1.      IPA :
3.1.        Mengidentifikasi benda yang ada di lingkungan sekitar berdasarkan cirinya melalui 
pengamatan
3.3.   Mengidentifikasi kegunaan benda yang dapat diubah bentuknya

2.       Matematika :
1.1          Membilang banyak benda
1.2          Mengurutkan banyak benda

3.      Bahasa Indonesia :
2.3          Mendeskripsikan benda-benda di sekitar dan fungsi anggota tubuh dengan kalimat
Sederhana

Indikator        :

1.      IPA :
3.1.1. Menjelaskan ciri-ciri benda
3.1.2. Mengidentifikasi benda yang ada dilingkungan sekitar berdasarkan cirinya melalui 
          pengamatan
3.3.1. Menjelaskan kegunaan benda
3.3.2. Mengidentifikasi kegunaan benda di lingkungan sekitar

2.      Matematika :
1.1.1.      Membilang dan menyebutkan banyak benda
1.2.1.   Membandingkan dua kumpulan benda menggunakan istilah lebih banyak lebih
sedikit atau sama banyak

3.      Bahasa Indonesia :
2.3.1. Mengenal bentuk benda di sekitar
2.3.2. Mendeskripsikan benda-benda di sekitar

I.  Tujuan Pembelajaran**  :

Ø  Siswa dapat menjelaskan ciri-ciri benda
Ø  Siswa dapat mengidentifikasi benda yang ada dilingkungan sekitar berdasarkan cirinya melalui pengamatan
Ø  Siswa dapat menjelaskan kegunaan benda
Ø  Siswa dapat mengidentifikasi kegunaan benda di lingkungan sekitar
Ø  Membilang dan menyebutkan banyak benda
Ø  Siswa dapat membandingkan dua kumpulan benda menggunakan istilah lebih banyak lebih sedikit atau sama banyak
Ø  Siswa dapat mengenal bentuk benda di sekitar
Ø  Siswa dapat mendeskripsikan benda-benda di sekitar

v  Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Religius (Religious)
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )


II.  Materi Ajar  ( Materi Pokok ) :
·            Ciri-ciri benda
·            Benda dapat berubah bentuk
·            Kegunaan benda
·            Membilang dan mengurutkan banyak benda
·            Mendeskripsikan benda-benda di sekitar

III. Metoda Pembelajaran :
·            Ceramah
·            Tanya jawab
·            Reading Aloud
·            Poster Comment
·            Card Sort
·            penugasan






IV. Langkah-langkah pembelajaran :

1.      Kegiatan awal
Waktu
Kegiatan Pembelajaran
Strategi/ Metode
Sumber/Bahan/ Alat kebutuhan
10
1.      Guru memberi salam dan menanyakan keadaan siswa
2.      Guru membimbing siswa berdo’a bersama
3.      Guru mengabsen siswa
4.      Guru menginformasikan hal-hal yang akan dipelajari, kinerja peserta didik yangdiharapkan
5.      Guru mengajukan pertanyaan untuk menfokuskan perhtian peserta didik.
Misalnya, Apakah kalian tahu benda apa saja yang ada di sekitar kita ?
Ceramah











Tanya jawab
Buku absen, bolpoint

2.      Kegiatan Inti
Waktu
Kegiatan Pembelajaran
Strategi/ Metode
Sumber/Bahan/ Alat kebutuhan
7







15’











15’











5’


8’
1.      Guru membagi hand out materi
2.      Guru membacakan materi tentang cirri-ciri benda dan kegunaannya serta guru meminta siswa untuk menirukannya
3.      Guru menempelkan gambar dipapan tulis tentang benda disekitar kita
4.      Guru meminta siswa untuk mengamati gambar tersebut

5.      Siswa disuruh maju kedepan dan mendeskripsikan benda tersebut
6.      Guru membagi potongan kertas yang berisi gambar banyak benda
7.      Siswa disuruh mencari gambar benda yang sama dan ditempel dipapan tulis urut sesuai jumlahnya
8.      Siswa disuruh mempresentasikan didepan kelas
9.      Guru memberikan klarifikasi dan penguatan
10.  Guru memberikan soal-soal latihan
Reading Aloud







Poster comment










Card Sort














Penugasan
Hand Out materi







Gambar Benda











Potongan Gambar benda














Lembar Soal

3.      Kegiatan akhir
Waktu
Kegiatan Pembelajaran
Strategi/ Metode
Sumber/Bahan/ Alat kebutuhan
10
1.      Guru menyimpulkan inti dari materi yang telah didiskusikan
2.      Guru memberikan evaluasi
3.      Guru menutup pembelajaran dengan do’a penutup.
Ceramah


Penugasan

Ceramah



Lembar Kerja


V.  Alat dan Sumber Belajar

     Buku Sumber :
F LKS Maestro Ilmu Pengetahuan Alam MI Kelas 1
F LKS Maestro Matematika MI Kelas 1
F LKS Maestro Bahasa Indonesia MI Kelas 1
                        




Alat/ Bahan :
F Hand Out materi
F Gambar Benda
F Potongan Gambar Benda
F Lembar Soal
F Lembar Kerja


VI.  Penilaian

Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    

Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
1.      IPA :
·         Menjelaskan ciri-ciri benda
·         Mengidentifikasi benda yang ada di lingkungan sekitar berdasarkan cirinya melalui pengamatan
·         Menjelaskan kegunaan benda
·         Mengidentifikasi kegunaan benda di lingkungan sekitar
2.      Matematika
·         Membilang dan menyebutkan banyak benda
·         Membandingkan dua kumpulan benda menggunakan istilah lebih banyak lebih sedikit atau sama banyak
3.      Bahasa Indonesia
·         Mengenal bentuk benda di sekitar
·         Mendeskripsikan benda-benda di sekitar


Tes lisan Tes tertulis


Uraian
isian
1.      IPA :
·         Sebutkan benda yang ada disekitar kita.
·         Jelaskan ciri-ciri benda tersebut yang disebutkan
·         Sebutkan kegunaan benda yang telah disebutkan.
2.      Matematika :
·         Sebutkan banyak benda yang ada di sekitarmu.
·         Bandingkan jumlah siswa laki-laki dan wanita di kelas ini lebih banyak mana
·         Berapa jumlah jari kaki dan jari tangan
3.      Bahasa Indonesia :
·         Sebutkan benda yang berbentuk bulat
·         Apa bentuk penggaris
·         Deskripsikan benda yang ada di atas meja kamu.





VII.          Kriteria Penilaian      


1.      Uraian
Benar  semua x 2 Total skor 18          

2.      Performance
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1

Partisipasi
* aktif  berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
4
2
1

3.      Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Uraian
Performance
Jumlah Skor
Nilai
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.








 
CATATAN :
  Nilai =  Jumlah skor  x  4




Mengetahui
Kepala Sekolah MI



…………………..…………
NIP. ………………………

……...., ………………… 20…        
Guru Tematik Kelas I




Dodik Wijiatmiko
NIM. 210611055

Tidak ada komentar:

Posting Komentar